Jumat, 04 Februari 2011

PRINSIP EKONOMI


            Penerapan prinsip ekonomi pada kegiatan sehari-hari. Kegiatan sehari-hari digolongkan menjadi 3 macam, yaitu:
1.    Produksi
Produksi adalah kegiatan menghasilkan/membuat barang/ jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi adalah produsen. Dalam kegiatan produksi, kita harus bisa mendapatkan laba/keuntungan. Agar kita bisa mendapat laba, kita harus menerapkan prinsip ekonomi sebagai berikut:
a.    Membangun pabrik yang dekat dengan bahan baku.
Hal ini dilakukan karena agar bisa mengurangi tambahan biaya angkut bahan baku dan menghemat. Sehingga laba yang didapat semakin banyak.
b.    Membuat analisis kebutuhan pasar.
Kita harus melakukan hal tersebut agar barang/jasa yang kita produksi dapat laku terjual.
c.    Menggunakan bahan baku yang murah, bagus, dan berkualitas
Hal tersebut harus kita lakukan karena hal tersebut bisa menarik minat pembeli agar mau membeli barang yang kita jual
d.    Menggunakan tenaga kerja yang terampil.
Dengan tenaga kerja yang terampil, kita bisa menghasilkan barang yang lebih baik mutunya. Sehingga pembeli makin puas dengan barang/ jasa yang kita jual
2.    Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribuasi adalah distributor. Biasanya, distributor adalah seorang pedagang. Dalam kegiatan ini, seorang distributor harus mencari keuntungan. Agar distributor untung, dia harus menerapkan prinsip ekonomi sebagai berikut:
a.    Harga yang kita patok harus sesuai dengan selera harga pembeli.
Agar barang dagangan kita banyak yang beli, kita harus menjual barang dengan harga yang wajar, tetapi kita tetap untung.
b.    Menyesuaikan alat angkut dengan barang yang diangkut.
Misalnya kita sebagai penjual pot bunga. Kita akan mengangkut pot bunga yang kita jual ke tempat kita berjualan. Maka kita mengangkut pot bunga tersebut dengan truk. Tidak dengan sepeda, ataupun alat angkut lainnya.
c.    Membeli barang langsung dari produsen.
agar kita membeli barang nanti lebih murah harganya dan kita bisa menjualnya dengan harga yang murah pula, sehingga menarik pembeli agar mau membeli barang dagangan kita.
d.    Meningkatkan mutu pelayanan.
Hal ini menyebabkan para pembeli yang akan membeli barang kita merasa nyaman dengan pelayanan kita dan mau membeli barang yang kita jual.
3.    Konsumsi
konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang/jasa. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut dengan seorang konsumen. Konsumen harus bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, dia harus menerapkan prinsip ekonomi sebagai berikut:
a.    Membeli barang dengan memilih terlebih dahulu.
Ini harus dilakukan agar kita bisa mendapatkan barang yang kita butuhkan dengan kualitas yang baik dan tidak mudah rusak.
b.    Membeli barang dengan menawar harga paling murah.
Jika kita ingin membeli barang kita harus sebisa mungkin menawar harga barang yang kita beli dengan harga yang paling murah. Ini dilakukan agar kita bisa berhemat.
c.    Memilih barang dengan kualitas yang bagus.
Kita harus memilih barang yang kualitasnya bagus agar mendapat barang yang tidak mudah rusak.
d.    Membeli barang sesuai dengan rencana.
Maksudnya adalah jika kita ingin membeli suatu barang, kita harus membeli barang tersebut sebelum membeli barang lain yang belum direncanakan sebelumnya. Contoh: Cika ingin membeli tas. Tetapi di jalan, ia melihat sepatu yang sangat bagus. Ia ingin sekali membelinya. Tetapi karena rencananya semula adalah membeli tas, maka ia terlebih dahulu membeli tas. Lalu jika ia mendapat uang lagi baru ia akan membeli sepatu tersebut.
e.    Setap awal bulan membuat daftar kebutuhan berdasar skala prioritas.
Jadi setiap awal bulan kita harus membuat daftar kebutuhan pada bulan itu dari yang paling penting dan mendesak sampai yang tidak terlalu penting

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar